Minggu, 16 Februari 2014

Mengetahui Suhu Komputer atau Laptop

Mengetahui Suhu Komputer atau Laptop - Di zaman sekarang,penggunaan laptop atau komputer memiliki banyak fungsi dalam kegiatan sehari-hari.Namun,kadang dalam kehidupan sehari-hari,sering kita mengabaikan suhu pada hardware komputer atau laptop itu sendiri.Semakin lama kita memakai laptop atau komputer,maka suhu pada komputer atau laptop akan semakin panas,apalagi bila laptop atau komputer digunakan untuk pekerjaan berat seperti desain 3D,bermain gaming,dan lain-lain.Suhu yang terlalu panas pada laptop dapat menyebabkan laptop atau komputer rentan terhadap kerusakan,performa menjadi turun atau bisa terjadi hang.

Maka dari itu,kita perlu memonitoring suhu komputer,bagaimana caranya ? Caranya dengan menggunakan software yang digunakan untuk memonitoring suhu komputer atau laptop.Berikut beberapa software yang bisa digunakan untuk memonitoring suhu komputer atau laptop.

1. Real Temp

Real Temp merupakan salah satu software untuk memonitor suhu komputer atau laptop.Tampilan softwarenya sederhana,namun cukup untuk melihat suhu komputer atau laptop secara mendasar dan lengkap.


Screenshot dari Real Temp

Support for : Windows XP,Vista,7,8,and 8.1
Download Real Temp di sini

2. SpeedFan

Kegunaan Software ini hampir sama dengan sofware sebelumnya,memonitor suhu,voltase dan kecepatan kipas.Informasi yang ditampilkan software ini cukup sederhana namun rinci



Support for : Windows XP,Vista,7,8,and 8.1
Download SpeedFan di sini

3. CPUID HWMonitor

Merupakan software yang dapat kita gunakan untuk memonitor suhu, voltase dan kecepatan kipas pada komputer. Software ini menampilkan informasi yang cukup lengkap dan detail, mulai dari memantau suhu Processor, Hardisk, VGA dan Motherboard.

Screenshot dari CPUID HWMonitor
 

Support for : Windows XP,Vista,7,8,and 8.1
Download CPUID HWMonitor di sini

Itu tadi beberapa contoh software yang dapat digunakan untuk memonitoring suhu komputer atau laptop.Apabila suhu pada komputer atau laptop terlalu panas,maka sebaiknya istirahatkan atau komputer atau laptop dalam waktu beberapa saat.

Terima kasih atas kunjungan anda,semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar