Senin, 17 Februari 2014

Mengenal HTML

Mengenal HTML
Mengenal HTML - Jika anda ingin belajar untuk membuat website sendiri atau yang ingin bergelut dalam bidang web development atau menjadi web developer,maka anda harus mengenal apa itu HTML.Ya,HTML atau singkatan dari Hypertext Markup Language merupakan elemen yang paling penting dalam pembuatan website karena HTML adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan website.Tanpa tampilan atau desain,website menjadi tidak ada artinya.

Sebelum kita masuk ke dalam inti pembahasan penulis akan coba singgung terlebih dahulu beberapa hal kesalahan orang-orang yang baru belajar web development. Hal ini penulis jelaskan bukan untuk menjatuhkan, melainkan sebagai koreksi untuk mendorong anda agar lebih maju dalam ber-webdevelopment,sehingga nantinya jadi tau arah ketika akan belajar web development.

Banyak orang yang bergelut dalam bidang web development awalnya tidak melewati pembelajaran HTML terlebih dahulu, sebagian besar menggunakan CMS (Content Management System), ataupun karena kemudahan penggunaan software seperti Adobe Dreamweaver. Sehingga dari sinilah orang menyangka untuk bisa membuat website, atau mahir dalam web development itu harus menggunakan Adobe Dreamweaver, jadi ngapain harus repot-repot belajar HTML? Sebetulnya pernyataan ini tidak 100% benar, dan juga tidak 100% salah.

Orang yang ketika pertama kali menggunakan Dreamweaver merasakan teramat susahnya ketika belajar sendiri tanpa bantuan buku atau tutorial. Bahkan meskipun ada buku ataupun tutorial pun masih tetap saja kesulitan menggunakan Dreamweaver. Sehingga koreksi dari penulis, agar dapat dengan mudah mengerti dalam menggunakan software webdevelopment para webdeveloper haruslah memiliki basic yang HTML + CSS yang kuat, sehingga ketika memakai aplikasi seperti Adobe Dreamweaver itu menjadi sangat mudah.

Pengertian HTML & Sejarah Singkat HTML

 

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang umum digunakan untuk membuat halaman web. Sebenarnya HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa markup atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai.
HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi
sebelumnya.
Sebelum suatu HTML disahkan sebagai suatu dokumen HTML standar, ia harus disetujui dulu oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat. Setiap terjadi perkembangan suatu versi HTML, maka mau tak mau browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jika tidak, browser tak akan bisa menampilkan HTML tersebut.

Fungsi HTML

HTML telah mengubah dunia internet menjadi lebih indah.HTML mempunyai fungsi utama dalam web development.Kurang lebih berikut adalah fungsi utama :
• Membuat, mendesain, dan mengontrol tampilan dari Web Page (Halaman Web) dan isinya.
• Mempublikasikan document secara online sehingga bisa diakses, dilihat dari keseluruh dunia.
• Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
• Menambahkan object – object seperti image, audio, video dan juga java applet (aplikasi java seperti java game dll) dalam document HTML.

 Itu tadi perkenalan HTML yang bisa anda jadi pendahuluan dalam mengembangkan sebuah website.Semoga dengan begitu,anda dapat mulai berkreasi untuk membuat sebuah website profesional.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar